Dibunuh Cembokur

Waktu Minggu malam kemaren, Zai ke rumahku dalam rangka minjem dasi hitam buat yudisiumnya besok. Aku gunain waktu itu buat puasin-puasin (dih kijilnya) ketemu dia, sekaligus buat----

"Eh kamu, kamu tu gak cemburu kah liat ini?" kataku sambil mampangin hapeku ke mukanya.

"Apa itu? Apa?" Dia pura-pura antusias kayaknya huhu. Matanya masih sibuk sama hapenya.

"Eeeeh gak usah deh, eeh ini nah, kamu gak cemburu kah?" Sekali lagi aku pampangkan hapeku, kali ini lebih dekat.

"Ooohhh." 

"Iyakah gak cemburu kah? Ini aku, ini Nur. KAMU GAK CEMBURU?"

"Hah ngapain cemburu!" Dia kembali sibuk sama hapenya.

Aku langsung manyun, trus ngerasa aneh sendiri. Hellooooooooooo, dimana-mana orang mati-matian gak mau kalau pacarnya cemburu, lah aku malah pengennnnnnnn banget. Tapi ternyata, reaksinya datar gitu aja. 

Kalau Indra ku gitukan palingan udah dibakarnya kali aku. 

Nggg, fotonya tuh gini sih, 



Aku dapat foto itu dari Facebook, trus iseng-iseng aku save dan memang aku pengen nunjukkin ke Zai. Itu aja sih tujuannya haha. Emangnya dia gak marah apa ya kok aku masih nyimpan foto sama bekas pacar? Apa karena poseku kurang mesrah? Atau dia gak sayang sama aku? 

Nah nah nah mulai deh mulai pikiran melankolisnya....

Tapi aku mencoba bersikap biasa aja sih habis itu, kami ngobrol-ngobrol kayak biasa, aku nampar mukanya dan dia nunjul kepalaku kayak biasa, padahal aku nantikan banget dia ngomong, "Coba hapus pang fotonya, ngapain juga kamu masih simpan foto itu!", tapi----- ya you know lah. 

Mungkin dia cemburu tapi gak mau ngeliatkan, anggap aja gitu, anggap aja gitu Chaaaaaaaaaaaaaa.

Besoknya, pas aku lagi ngelewatin tempat duduknya teknisi, Kak Uun manggil aku dan nunjukkin sesuatu,

"Cha, ini Zai kah?"

Refleks aku langsung ngehambur ke tempat duduk Kak Uun dan Kak Fajar, buat ngeliat foto yang dikasih tau sama Kak Uun lebih dekat. Di foto itu ada satu cowok di tengah dua cewek, trus aku ngeliat nama akun yang punya foto itu, akun Facebook tapi foto itu postingan dari Path.


"Ohhhh Dian, Dian teman kuliahnya tuh." kataku rada lirih.

Kak Uun dan Kak Fajar manas-manasin aku. Bilang mereka deketan lah fotonya, kepalanya nempel lah, nanya aku pernah foto kayak gitu sama dia lah, maksa-maksa aku pokoknya harus komenin fotonya itu lah., temen ceweknya yang rambutnya panjang itu lah. Apa aku gak langsung teduduk di lantai bebanyuan mata. 

Aku tau sih aku bisa dibilang lebay kalau kayak gitu, buat apa nangisin foto kayak gituan aja, tapi gimana ya, rasanya tu gak bisa kalau gak nangis. Padahal Kak Iraks sama Kak Indra udah nenangin tapi tetep aja tenangis tekulai di lantai. Aku bete aku kesel, dia tu gak pernah foto sebadanan kayak gitu sama aku, ditambah lagi bubuhannya manasin aku lagi. Habis itu aku gerilyain facebooknya si Dian-Dian itu, dan dapat akun path-nya, langsung ku add haha.Ternyata dia gak cuman upload satu foto, tapi ada satu lagi foto bareng Zai, di poto kedua mereka berempat, dan teteup Zai cantik sendiri. Tu anak jangan-jangan gaulnya emang sama cewek-cewek. Atau dia itu--- playboy?

Malam-malam pas mau tidur aku tepikir sih,

Ngapain aku nangis tadi siang?

Ngerasa kebanyakan stock air mata gitu kahhh makanya dibuang-buang?

Kan cuma foto doang, betiga lagi, toh itu kan juga karena ada event yudisium-yudisium itu, iya kan?

Trus ngapain aku repot-repot nge add akun path nya Dian?

Eeh ini lagi, ngapain juga  aku tepikir Zai itu playboy, orang mukanya gak profesional gitu buat jadi playboy!

Apa ini yang namanya cemburu, cemburu buta? 

Diiih, lama-lama aku ngerasa jadi kayak yang di ftv-ftv gitu.

Aku iseng search di google tentang arti cemburu. Dan rata-rata pada bilang kalau cemburu itu pada dasarnya gak sehat. Ada satu blog di internet yang aku suka banget, dia ngejelasin tentang arti cemburu secara mendalam, yang intinya dia gak setuju banget kalau cemburu itu tanda sayang.

English Wikipedia : jealousy adalah fikiran negative, rasa takut, dan kecemasan akan kehilangan sesuatu..

Dictionary.com : cemburu adalah ketakutan/ kecurigaan akan adanya ancaman, persaingan, ketidaksetiaan..

Kamus Besar Bahasa Indonesia : cemburu adalah keirihatian, kesirikan, kecurigaan, kekurangpercayaan..

Kamus sinonim indonesia : cemburu adalah berprasangka, sirik, panas hati..

Kamus mandarin : cemburu adalah chi cu yang terjemahannya adalah “meminum air cuka”..

Kamus Melayu : cemburu adalah iri hati, curiga, berjaga-jaga..

Nah sudah 6 definisi itu aja :

Adakah kamu lihat definisi yang POSITIF/ INDAH/ PENUH CINTA dari kata cemburu ?

Kalo definisinya aja gak positif, kok masi bisa-bisanya kamu merasa cemburu adalah tanda cinta yang positif ?!? Kalau kamu bilang cemburu itu menghangatkan hubungan, berarti kamu mau ya saya suruh minum air cuka (chi cu) ? Trus ada banyakyang nanya ke saya “Lex, gimana caranya cemburu yang sehat ?” dan saya selalu jawab, MATI AJA BRO/SIS :D Nanya gimana cara cemburu yang sehat itu sama aja kayak nanya gimana cara menyakiti diri yang sehat.. bego!

Gitu sih yang blog itu tulis. Bagus deh. Padahal masih banyak tapi aku ngutip yang itu aja hoho. Aku bacanya sambil ngangguk-ngangguk, sambil ngegumam, "Iya, bener juga sih..." 

Nggg iya, cemburu itu sebenarnya wujud dari ketakutan kita, bukan wujud dari sayang. Cemburu itu karena kita takut posisi kita sebagai orang spesial dia terancam, kita takut si dia yang lagi kita cemburuin itu lebih cantik, lebih pintar, lebih bohay, lebih pokoknya lebih dari kita, pokoknya kita takut buat kalah. Cemburu juga bentuk dari rasa enggak percaya kita sama pacar, dan you know kalau gak percaya itu artinya, kita gak sayang sama dia kan? Justru kalau pacaran itu berarti harus saling percaya kan?

Cemburu sebenarnya bikin kita galau sendiri. Kalau pasangan kita tau kita cemburu trus nanyain kita, pasti kita jawab "Gapapa." dengan kulkas, eh dengan dingin. Trus kalau dia jelasin dia minta maaf kita malah makin gak percaya, kalaupun kita maafin kita habis itu jadi rada protektif sama dia, kita interogasi dia dengan pertanyaan menyudutkan, kita minta penjelasan dari dia mulu kalau dia mau ngapa-ngapain, kita jadi rajin stalking-in akun sosial medianya, cek hapenya, bahkan gilanya sampe nanyain teman-temannya. Bikin capek sendiri kan sebenarnya.

Lah kalau dia gak nyadar-nyadar kalau kita cemburu, kita malah berusaha buat nunjukkin kalau kita cemburu. Kita bisa tiba-tiba jutekkin dia, kita bisa langsung meledak-ledak ngomong, "Kamu ni gak peka banget sih, aku tu lagi cemburu tauk!", kita bisa nyuekkin dia gak ngomong sama dia nunggu sampe dia ngeh, dan malah memperkeruh suasana, ntar malah dianya yang malah marah sama kita. Dan akhirnya........ jeng jeng jeng jeng, putus. Dengan alasan konyol, cemburu buta.

Bikin galau kan?

Haha, aku jadi ngakak pas ingat bungulnya aku pake mamerin fotoku sama Nur ke Zai supaya dia cemburu. Ngakak sengakak-ngakaknya pas ingat lagi aku sedih liat reaksi datar Zai, ingat kalau dia gak pernah cemburu sama hal-hal kecil yang biasanya orang-orang pacaran cemburuin. Hahaha, aku naif banget.

Nah, jadi cemburu itu sebenarnya gak boleh. Dan sebenarnya dalam pacaran itu gak ada yang namanya cemburu, adanya marah. Kalau kita cemburu ngeliat pacar befoto mesra sama cewek lain, itu bukan cemburu tapi marah. Kalau kita cemburu ngedengar pacar ngebangga-banggain cewek lain dengan behimat, itu bukan cemburu tapi marah. Kalau kita cemburu ngeliat pacar smsan bbman bahkan jalan bareng sama cewek lain tanpa sepengatahuan kita, lagi-lagi itu bukan cemburu, itu maraaaahhhhh. Itu baru wajar. Dan wajar juga kalau putus. 

Aku mau ngutip lagi, kalimat dari blog yang aku kutip juga di atas,
 "Cemburu gak bikin kamu lebih sayang atau cinta, justru menyabotase, melemahkan, mengkerdilkan kemampuanmu untuk mencintai. Cemburu bersumber dari rasa takut, dan sesungguhnya rasa takut adalah PEMBUNUH NOMOR 1 dalam hubungan cinta" 

Gak mau dibunuh sama rasa cemburu kan? Gak mau kan Cha?

Eeeh, tapi udah sempat tebunuh sih tadi. Belum tewas aja. Untung ada blog itu tadi hohohoho.

Yaudah, sampe disini postingan blog sok bijakku. Malam ini Zai katanya mau ke rumah, dan aku mau manfaatin itu buat nanyain foto itu sama--- sungkem deh kayaknya, minta maaf karena udah cemburu gak pake mata.

You Might Also Like

0 komentar